Jika anda pernah berkunjung ke masjid Nasional Al Akbar Suurabaya. Anda akan nemui sebuah toko unik dan juga menarik Yaitu “Lawang Agung”
Toko Lawang Agung, Pusat belanja kurma dan juga oleh – oleh Haji & Umroh. Dengan konsep supermarket modern dan juga punya tempat startegis. Seakan saat Anda masuk kesana, Anda akan dimanjakan dengan lengkapnya kebutuhan sebagai seorang muslim.
Tujuannya sederhana tapi, tapi mulia. Berawal dari ingin memudahkan ummat muslim agar khusuk beribadah, tanpa perlu memikirkan oleh – oleh ataupun suguhan untuk para tamu yang menyambut kedatangan jamaah haji.
Pemoderenan
Yasir Salim CEO Lawang Agung adalah generasi kedua dari bisnis ini. Dibangun tahun 55, Lawang Agung hanya sebuah toko klontong untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekita Masjid Sunan Ampel.
Diambil dari nama sebutan lama dari Masjid Sunan Ampel yaitu Pintu Besar *Lawang Agung. Ini menjadi alasan ayah dari mas Yasir menamakan 2 tokonya dengan “Lawang Agung”.
Dari mulai tahun 80an sampai awal tahun 2000. Lawang Agung hanya menjual kue – kue dan beberapa Kurma dengan menaruh beberapa meja di depan tokonya. Itupun  hanya pada saat bulan puasa maupun menjelang musim haji.
Fokus

Tahun 2000 mas Yasir harus terjun mengambil alih bisnis ayahnya yang saat itu tertimpa penyakit. Melihat tahun 90an hingga 200 melejitnya perkembangan jumlah jamaah Haji. Lawang Agung mulai memfokuskan  bisnisnya denga penjualan Kurma dan Juga Oleh – oleh Haji dan Umroh.
walaupun bisnisnya tergolong musiman, tapi Lawang Agung tetap survive. Mas Yasir sendiri mengakui bisnisnya hingga tahun 2009 bersifat Tradisional dan tidak on – track. Jadi hanya menunggu pembeli datang dan saat selesai musimnya penjualan kembali turun.
Hingga tahun 2010 merasa harus mengembangkan bisnisnya ditambah lagi bisnis ini harus diwarisi kepada 4 anak ayahnya yaitu pendiri bisnis ini. Mulailah ada usaha memoderenkan Lawang Agung dengan diawali pertemuan Mas Yasir bersama Action Muslim Coach dan kita bisa lihat Lawang Agung menjadi bisnis yang Grow dan Profit hingga hari ini. D.H

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s