Punya Teman Berjiwa Korsa

Tentunya jiwa Ukhuwah Islamiyah lebih tinggi dan lebih mulia. Karna penyatuan dalam ukhuwah islamiyah tidak hanya berdasar kepada solidaritas yang terikat pada suatu hal. Yang tatkala ikatan sudah rapuh maupun lepas rasa jiwa ini hilang. Misal tatkala seorang tentara menanggalka bajunya, bisa saja para tentara yang lain berlepas diri bersolidaritas dengan orang ini karna tidak berseragam. Sedangkan Ukhuwah Islamiyah lebih luas cakupannya dan lebih mulia karna punya tujuan atau punya visi utama yaitu ridho allah.

Adapun Jiwa korsa dapat diartikan sebagai rasa hormat, kesetiaan, kesadaran, dan semangat kebersamaan terhadap sesuatu, yang sering ditujukan kepada negara, korps, atau perkumpulan. Jiwa korsa ini juga dapat diartikan rasa senasib sepenanggungan, perasaan solidaritas, semangat persatuan dan kesatuan terhadap suatu korps sehingga faktor-faktor jiwa korsa ini meliputi rasa hormat, kesetiaan, kesadaran, dan tidak mementingkan diri sendiri.
Tapi untuk kita yang hidup disaat ini. Banyaknya partai dan kepentingan. Banyaknya komunitas dengan pelampiasan bersama – bersama yang tampak eksklusif. Ini yang harus kita sadari meredupkan ukhuwah islamiyah.

 Kamu yang anak sma tau kelasmu dengan jumlah yang banyak. Tapi terdiri dari banyak geng. Kemudian mulai menggolongkan perkumpulan mereka dengan keiteria – kriteria.

Lanjut nanti….kita siaran dulu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s