Kembali Melihat Sejarah

Oke tanggal 17 Agustus 2015 tepat 70 tahun Indonesia merdeka. Sebenarnya apa makna merdeka itu sendiri? Merdeka dari penjajah baik imperial dan fasis. Atau merdeka dengan berhak memgelola hasil buminya sendiri, atau merdeka dapat melaksanakan ibadah mencari penghasilan mendidik anak-anak dengan aman dan tentram tanpa dibayang-bayang konflik, atau apa?.

Walaupun masih bnyak meninggal pekerjaan rumah yang banyak, bagi para pejuang yaitu rakyat indonesia pada saat, hari kemerdakaan ini merupakan momen istirahatnya dari tekanan dan bayang kekejaman para penjajah. Cukuplah rakyat 360 tahun di siksa fisik dan moralnya. Cukuplah para petani banting tulang, peras keringat menanami sawah namun tak dapat menikmati hasil sawahnya. Cukuplah nenek moyang kita di paksa bekerja sebagai romusha, cukuplah santri dan para kiyai diburu karna belajar dan mengajarkan agama, cukup cukup.

Walaupun dalam catatan sejarahnya kemerdekaan harus merelakan piagam jakarta yang berisi petisi untuk penerapan syariat islam. Tapi kemerdekaan ini sudahlah cukup untuk mengakhiri penderitaan bapak-bapak kita, kakek-kakek kita.

Maka kita maknai kemerdakaan ini dengan menggali kembali sejarah dan kita tahu maksud para pendahulu kita, ingin dibawa ke arah mana bangsa kita oleh para pendahulu. Suatu bangsa akan bisa bangkit dengan mempelajari masa kejayaannya. #bnb

image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s